Jumat, 08 April 2011

Contoh E-commerce

E-commerce atau bisa disebut perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, pemasaran barang dan jada melalui sistem elektronik, seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomastis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis ( e-business ) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti : transfer dana secara elektronik, SCM ( supply chain management ), e-pemasaran ( e-marketing ), atau pemasaran online (online marketing ), pemrosesan transaksi online ( online transaction processing ), pertukaran data elektonik ( electronic data interchange /EDI ), dan lain-lain.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data ( databases ), e-surat atau surat elektronik ( e-mail ), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik diapakai untuk penjualan promosi dan periklanan di suatu halaman web ( website ). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan Oktober 2006 yang lalu, pendapat ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Contoh E-Commerce
Banyak sekali yang dapat kita lakukan melaui E-commerce, yaitu :
1. Pembelian buku melalui online,
2. Pembelian elektronik melalui online,
3. Pembelian kendaraan melalui online,
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.

0 comments:

Posting Komentar